Hampir tak pernah kita temukan kosongnya poster di gedung pertunjukan yang tengah menampilkan pertunjukan seni, baik teater, tari, resital musik, dan bentuk-bentuk pagelaran lainnya. Dalam sebuah penggarapan sebuah poster, yang kami maksud adalah poster pertunjukan memiliki  sajian secara visual yang beragam mulai dari menyajikan simbol-simbol ataupun  sebuah ilustrasi. Baik, kami ambil contoh pada poster pertunjukan Hamlet (1971) karya William Shakespare dibuat oleh Steven Heller yakni seorang ilustrator Yugoslavia dan  Direktur Master of Fine Arts and Design di New York School of Visual Arts. yang dalam penyajianya menggunakan visual yang lebih kelam. Oleh karena itu kami menganggap poster pertunjukan tidak lepas dari ruh pertunjukan itu sendiri. Seperti kata Seorang Desainer Profesiaonal kata Saul Bass yakni “Design is thinking made visual” yang dapat kami simpulkan bahwa poster pertujukan adalah sebuah bentuk visual dari gagasan, pikiran dan benang merah pertunjukan itu sendiri.

Pada era saat ini poster pertunjukan tidak hanya diam ditempat sebagai sebuah visual pertunjukan, namun telah menempatkan dirinya menjadi salah satu medium pilihan sebagai  media promosi dan informasi kepada masyarakat. Oleh karenanya poster pertunjukan tidak bisa dipandang sebelah mata dalam proses penyajiannya.

Pada perhelatan Sangcek Theatre Festival ditahun ketiga kami sepakat untuk  menghadirkan kembali Kompetisi Poster Pertunjukan, dengan harapan agar Poster Pertunjukan digarap lebih serius!!

Mari kita sepakati pentingnya sebuah poster pertunjukan !!